by

Timnas Rusia Dilarang Main di Piala Dunia, Spartak Moskow Dicoret Dari Liga Europa

Spartak Moscow kecewa dengan sanksi dari FIFA yang membuat mereka tidak bisa bermain di Liga Europa. Spartak Moscow merasa FIFA telah membakar jembatan yang harusnya bisa menyatukan orang-orang di seluruh dunia.

FIFA dan UEFA baru saja membuat satu keputusan penting terkait konflik Rusia-Ukraina. FIFA mengucilkan tim nasional dan klub asal Rusia dari kompetisi yang berada di bawah naungan mereka.

Timnas Rusia dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sementara, Spartak Moscow tidak bisa melanjutkan kiprah di babak 16 Besar Liga Europa. Tentu saja ini menjadi pukulan berat bagi keduanya.

Spartak Moscow harusnya berjumpa RB Leipzig pada babak 16 Besar Liga Europa. Tapi, saat ini status mereka dipastikan gugur. Lantas, seperti apa respon pihak Spartak Moscow?

Spartak Moscow mungkin tidak terkait secara langsung dengan kebijakan pemerintah Rusia. Tapi, sejak awal tampaknya mereka menyadari potensi sanksi yang akan dijatuhkannya akibat konflik Rusia-Ukraina. Berikut adalah pernyataan resmi klub.

“Keputusan yang baru saja diambil UEFA dan FIFA meski sudah diperkirakan, sangat mengecewakan. Sayangnya, upaya yang dilakukan klub kami di Liga Europa telah dibatalkan karena alasan yang jauh di luar olahraga.”

“Spartak memiliki jutaan penggemar tidak hanya di Rusia, tetapi di seluruh dunia. Keberhasilan dan kegagalan kami menyatukan orang-orang dari lusinan negara yang berbeda. Kami percaya bahwa olahraga, bahkan di masa-masa yang paling sulit, harus bertujuan untuk membangun jembatan, dan tidak membakarnya. Kami dipaksa untuk mematuhi keputusan yang tidak kami setujui.”

“Untuk saat ini, kami akan fokus pada kompetisi domestik, dan menantikan pencapaian perdamaian yang dibutuhkan semua orang.”

FIFA dan UEFA sebelumnya masih memberi izin pada timnas Rusia untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tapi, mereka harus memakai nama ‘Football Union of Russia’. Selain itu, tidak ada lagu dan bendera Rusia sepanjang laga.

Belakangan, UEFA memberi sanksi yang lebih tegas. Bukan hanya pada level tim nasional, tetapi juga klub. Berikut adalah pernyataan resmi FIFA untuk Rusia:

“Menyusul keputusan awal yang diadopsi oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, yang mempertimbangkan penerapan langkah-langkah tambahan, FIFA dan UEFA hari ini membuat keputusan bersama bahwa tim Rusia, baik tim nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

“Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina. Kedua Presiden berharap situasi di Ukraina membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepak bola dapat kembali jadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang.”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *