by

Sejarah, Cristiano Ronaldo Resmi Jadi Pencetak Gol Terbanyak di Dunia

Cristiano Ronaldo resmi menjadi top skor dunia untuk kategori laga internasional. Capaian bergengsi ini diraih Ronaldo usai mencetak dua gol ketika Portugal berjumpa Prancis di Euro 2020.

Portugal berjumpa Prancis pada laga ketiga Grup F Euro 2020. Duel ulangan final Euro 20216 itu digelar di Puskas Arena, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB.

Kedua tim bermain ngotot sejak menit awal. Portugal unggul lebih dulu pada menit ke-30 lewat gol Ronaldo. Namun, Prancis mampu bangkit dan berbalik unggul melalui brace Karim Benzema. Ronaldo, pada menit ke-60, mencetak gol yang membuat laga berakhir imbang 2-2.

Ronaldo Resmi Top Skor Dunia

Dua gol yang dicetak Cristiano Ronaldo ke gawang Prancis punya arti yang sangat penting. Bukan soal rekor penaltinya yang terus bertambah, tapi ada rekor sangat prestisius yang baru saja dicapai Ronaldo.

Ronaldo kini menjadi top skor dunia untuk kategori laga internasional alias laga bersama tim nasional. Ronaldo telah mencetak 109 gol. Ronaldo menjadi top skor dunia, sejajar dengan rekor bomber legendaris Iran yakni Ali Daei.

Ronaldo masih aktif bermain dan punya peluang melewati rekor gol Ali Daei. Sebab, Daei sdah lama pensiun dan dipastikan tidak bisa menambah catatan golnya lagi untuk bersaing dengan Ronaldo.

Paling tidak, di Euro 2020, Ronaldo punya satu laga lagi. Pasalnya, Portugal lolos ke babak 16 Besar. Portugal akan berjumpa Belgia dan Ronaldo punya peluang untuk mencetak gol ke-110 atau bahkan lebih.

Ronaldo kini sudah mencetak 14 gol di ajang Euro sepanjang masa, lima gol tercipta pada Euro 2020. Ronaldo menjadi top skor sepanjang masa Euro, unggul dari Michael Platini yang mencetak sembilan gol.

Jika ditambah dengan tujuh gol di Piala Dunia, maka Ronaldo kini sudah mencetak 21 gol di turnamen major. Ronaldo pun menjadi pemain asal Eropa dengan torehan gol paling banyak di turnamen mayor.

Ronaldo melewati rekor legenda sepak bola Jerman, Miroslav Klose. Mantan penyerang Bayern Munchen itu punya catatan 19 gol dari pentas Euro dan Piala Dunia dalam karirnya.

Ronaldo menemukan performa terbaiknya di Euro 2020, khususnya di fase grup. Sebab, Ronaldo tidak pernah absen mencetak gol dari tiga laga fase grup. Ronaldo mencetak lima gol dari tiga laga di Grup F..

Kini, Ronaldo memimpin daftar top skor sementara Euro 2020. Ronaldo unggul dari Romelu Lukau, Patrick Schick, dan Gini Wijnaldum dalam perebutan gelar top skor.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *