by

Bukayo Saka Pemain Berusia 19 Tahun yang Panen Pujian di EURO

Bukayo Saka tampil moncer saat Timnas Inggris bersua Republik Ceska pada laga terakhir Grup D Euro 2020. Meski tak mencetak gol, Saka turut membantu The Three Lions memetik kemenangan.

Bersua Ceska di Stadion Wembley, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB, Bukayo Saka dipercaya tampil sejak menit awal. Bagi gelandang Arsenal tersebut, duel kontra Republik Ceska adalah untuk pertama kalinya menghuni starting XI Timnas Inggris di Euro 2020.

Bermain sebagai gelandang serang kanan, Saka bermain cukup baik. Akurasi umpannya mencapai 86 persen dan berhasil melakukan empat dribel sukses.

Dia juga ikut mengkreasikan gol Raheem Sterling pada menit ke-12. Bukayo Saka mengirimkan bola ke depan gawang Republik Ceska. Sayangnya, umpan Saka tak menemui sasaran.

Meski begitu, bola masih bisa diamankan Jack Grealish yang kemudian mengirimkan ke tiang jauh. Umpan Grealish itu pun langsung dikonversikan Sterling menjadi gol dengan sundulan.

Sampai laga berakhir, Timnas Inggris mengunci kemenangan 1-0 atas Ceska. Berkat hasil tersebut, Inggris lolos ke-16 besar Euro 2020 dengan status juara Grup D.

Mereka berhasil mendulang tujuh poin, unggul tiga angka atas Kroasia dan Ceska di tempat kedua serta ketiga. Pada fase knock-out Euro 2020, Inggris akan menghadapi runner-up Grup F di Stadion Wembley, 29 Juni mendatang.

Jika melihat perolehan poin saat ini, Timnas Inggris bakal bersua lawan berat. Bukayo Saka dkk. berpeluang menghadapi Prancis, Jerman, ataupun Portugal pada 16 besar Euro 2020.

Penampilan perdana Saka pada putaran final Euro 2020 menuai pujian. Bukayo Saka dinilai tampil impresif dan kerap merepotkan lini pertahanan Timnas Republik Ceska.

“Kami sangat terkesan dengan Bukayo, dan malam ini penerimaan bolanya sangat fantastis,” puji pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Hal senada juga diutarakan gelandang The Three Lions, Jordan Henderson. “Saya menilai Bukayo sangat bagus, selalu mengancam, selalu terlihat hidup di sepertiga akhir lapangan,” sanjung Henderson.

Adapun Raheem Sterling mengaku senang bisa memiliki rekan setim seperti Bukayo Saka. “Saka dan Grealish menguasai bola dengan sangat baik, bermain bagus dan menguasai permainan. Sungguh brilian memiliki pemain di sekitar Anda yang bisa menciptakan peluang mencetak gol,” ujar Sterling.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *