by

EURo 2020: Laga Denmark vs Finlandia Dihentikan, Christian Eriksen Pingsan

Laga antara Denmark dan Finlandia dalam Grup B Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6/2020) malam, dihentikan sejak menit ke-42. Belum diketahui sampai berapa lama laga itu akan dihentikan.

Pasalnya, gelandang Denmark, Christian Eriksen terjatuh dan tidak sadarkan diri. Dia mendapat perawatan tetapi tidak juga mampu bangkit. Dia lalu ditandu keluar lapangan.

Momen mengejutkan terjadi di partai Euro 2020 antara Denmark kontra Finlandia di mana Christian Eriksen tiba-tiba terjatuh tak sadarkan diri di lapangan.

Momen terjadi di sekitar menit 48 babak kedua. Saat itu terlihat Christian Eriksen berjalan sempoyongan dan tiba-tiba terjatuh. Sesaat belum ada yang menyadari hingga akhirnya terlihat pemain Inter Milan itu tak baik-baik saja saat matanya terlihat hanya putih saja.

Lantas beberapa orang di sekitar Eriksen menyadari ada yang tak beres hingga mencoba memberikan pertolongan pertama. Eriksen diduga mengalami serangan jantung setelah tim medis Denmark dan petugas medis Euro 2020 terlihat memberikan resusitasi jantung par atau CPR (cardiopulmonary resuscitation) dengan tangan.
Terhentinya aliran darah atau pernapasan bisa memicu kerusakan otak yang dapat mengakibatkan seseorang meninggal dalam hitungan 8–10 menit.

Dengan pemberian CPR, aliran darah yang mengandung oksigen akan tetap tersalurkan ke otak dan seluruh tubuh hingga orang tersebut mendapatkan bantuan medis lebih lanjut

Dilansir Alodokter, cara ini dilakukan sebagai upaya pertolongan medis untuk mengembalikan kemampuan bernapas dan sirkulasi darah dalam tubuh.

Terhentinya aliran darah atau pernapasan bisa memicu kerusakan otak yang dapat mengakibatkan seseorang meninggal dalam hitungan 8–10 menit.

Dengan pemberian CPR, aliran darah yang mengandung oksigen akan tetap tersalurkan ke otak dan seluruh tubuh hingga orang tersebut mendapatkan bantuan medis lebih lanjut.

Sontak para pemain Denmark mengerubungi dan terlihat muka mereka khawatir dan beberapa ada yang menangis. Mereka langsung membentuk lingkaran mencegah publik melihat proses bagaimana Eriksen ditolong.

Sekitar 10 menit ditolong dan penuh ketegangan, Eriksen akhirnya ditandu oleh tim medis ke luar lapangan dan wasit serta tim kembali ke ruang ganti.

UEFA langsung memutuskan untuk menunda laga tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *