by

UEFA Bakal Ubah Aturan Offside Usai Gol Kylian Mbappe

Ketua wasit UEFA percaya kata-kata dari undang-undang hukum offside perlu diperbaiki setelah gol Mbappe yang kontroversial di final Nations League.

Striker Prancis berada dalam posisi offside, tetapi menjadi onside setelah bek Spanyol Eric Garcia melakukan pergerakan untuk mencegat umpan terobosan dari Theo Hernandez dan melakukan sedikit kontak.

Pemain Spanyol memprotes wasit Inggris, Anthony Taylor atas keputusan untuk memberikan gol Mbappe, yang disahkan karena sentuhan Garcia menciptakan babak baru permainan.

Roberto Rosetti, kepala wasit UEFA, mengatakan Taylor telah membuat keputusan yang tepat tetapi mengatakan kata-kata dari undang-undang offside harus diubah.

“Anthony Taylor membuat keputusan yang tepat berdasarkan hukum yang ada dan interpretasi resminya,” kata orang Italia itu.

“Pemain (Garcia) sengaja melakukan intervensi untuk memainkan bola dan lawan (Mbappe) tidak mengganggu permainan.

“Namun kasus ini menunjukkan kepada kita bahwa interpretasi undang-undang saat ini tampaknya bertentangan dengan semangat undang-undang itu sendiri, yaitu untuk mencegah pemain mengambil keuntungan dari posisi offside mereka.

“Sikap UEFA adalah bahwa ada cara untuk memperbaiki kata-kata agar sejalan dengan tujuan hukum offside dan semangat permainan.”

Rosetti mengatakan dia telah berkomunikasi dengan rekan-rekannya di badan pengatur sepak bola dunia, FIFA dan badan pembuat undang-undang permainan, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) untuk membahas solusi pada pertemuan panel penasihat teknis yang akan datang, sebuah solusi diharapkan dapat terjadi setelah pertemuan ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *