by

Suporter Masuk Lapangan, Duel MU vs Liverpool Batal Digelar

Manchester United (Man United) bisa menjadi tim yang bakal mendapat kerugian atas penundaan laga pekan ke 34 Liga Inggris.

Man United seharusnya menjamu Liverpool pada pekan ke 34 Liga Inggris, Minggu, (2/5/2021) di Old Trafford pukul 22.30 WIB.

Namun pertandingan ditunda karena adanya unjuk rasa dari para suporter Setan Merah yang datang langsung ke Old Trafford jelang laga.

Dilansir dari laman Mirror.co.uk, Senin, (3/5/2021), Manchester United bisa menghadapi pengurangan poin karena aturan Liga Premier dan FA tentang penundaan laga itu.

Bila sanksi ini benar benar dilaksana, maka Manchester city menjadi tim yang paling diuntungkan untuk perburuan tropi juara.

Demikian juga Liverpool akan mendapatkan satu atau tiga poin tanpa harus bertanding.

Setan Merah akan menghadapi Liverpool Minggu tadi pukul 16.30 waktu setempat atau 22.30 WIB, tetapi ditunda setelah peristiwa mengejutkan di Old Trafford.

Lebih dari 200 penggemar menyerbu ke dalam stadion ketika lebih banyak pendukung berdemonstrasi di luar, dengan kekerasan meletus di beberapa bagian.

Sebagian besar melakukan protes secara damai tetapi ada insiden di mana polisi diserang oleh massa, terutama di dekat hotel Lowry tempat tim menginap.

Dengan tidak adanya jaminan keamanan terkait dengan mengemudi bus tim ke stadion, untuk United atau Liverpool, keputusan dibuat untuk membatalkan pertandingan.

“Menyusul diskusi antara Polisi, Liga Premier, Dewan Trafford dan klub, pertandingan kami melawan Liverpool ditunda karena pertimbangan keselamatan dan keamanan seputar protes hari ini,” kata pernyataan dari situs Man United.

Itu berarti dua raksasa Liga Premier harus berhadapan pada tanggal lain dalam waktu dekat ini.

Meski laga ditunda, Man United harus menghadapi sanksi setelah pertandingan terpaksa dihentikan?

Liga Premier telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut dan mempertanyakan bagaimana lebih dari 200 pendukung masuk ke dalam stadion.

Langkah-langkah keamanan United telah dibawa di bawah mikroskop dengan para penggemar melanggar peraturan Covid dengan mudah, sementara tingkat kepolisian di luar lapangan hanya meningkat setelah satu jam.

Menurut buku peraturan FA di bagian 8.3.4, dinyatakan bahwa United terbukti bersalah karena pertandingan tidak dilanjutkan dan membuat Liverpool mendapatkan tiga poin.

Bunyinya: “Jika pertandingan ditinggalkan karena perilaku salah satu Klub atau anggotanya atau pendukungnya, Dewan memiliki kekuatan untuk memerintahkan agar pertandingan tidak diulang dan untuk memberikan salah satu atau tiga poin kepada tim tamu.

“Itu tidak bisa memungut hukuman finansial karena perilaku Klub,” bunyi selanjutnya.

Namun, karena polisi termasuk di antara orang-orang yang memutuskan bahwa permainan tidak dapat dimulai, Liga Premier akan menyatakan bahwa keputusan itu tidak tergantung pada United.

Bagian L.12 menyatakan: “Pertandingan Liga tidak boleh ditunda atau ditinggalkan kecuali: (L.12.1.) Ketika pada tanggal yang ditetapkan untuk dimainkan, baik Klub Tuan Rumah atau Klub Tamu berkompetisi dalam kompetisi yang diizinkan oleh Peraturan L.9.1, L.9.2, dan L.9.3; (L.12.2.)

Dengan persetujuan atau atas instruksi dari wasit yang memimpin; (L.12.3.) Atas perintah polisi; (L.12.4.) atas perintah otoritas lain yang menjalankan kewenangan hukumnya untuk itu; atau (L.12.5.) atas instruksi atau dengan persetujuan tertulis sebelumnya dari Dewan. ”

Dengan kedua klub menyetujui keputusan untuk menunda pertandingan, masih harus dilihat apakah ada sanksi yang akan diberlakukan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *