by

Ricky Kambuaya Motor Lini Tengah Timnas Indonesia Masuk Nominasi Pemain Debutan Terbaik

Ricky Kambuaya masuk ke dalam daftar calon peraih penghargaan pemain debutan terbaik di Piala AFF 2020. Dia bersaing dengan lima pemain lainnya.

Nominasi pemain debutan terbaik diumumkan secara resmi melalui laman AFF Suzuki Cup pada hari ini, Selasa 28 Desember 2021. Lima pemain yang bersaing dengan Ricky adalah Kevin Hansen (Filipina), Nguyen Hoang Duc (Vietnam), Kogileswaran Raj (Malaysia), Phitiwat Sukjitthammakul (Thailand) dan Song Ui-young (Singapura).

Peran Ricky Kambuaya yang tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia membuat AFF memilih dia menjadi salah satu calon peraih penghargaan itu. Ricky dianggap berperan sentral baik dalam pertahanan maupun serangan skuad asuhan Shin Tae-yong.

“Pemain berusia 25 tahun itu baru melakukan debut internasionalnya dua bulan sebelum Piala AFF Suzuki dimulai, tetapi dia menunjukkan permainan yang kuat untuk menjadi salah satu pilihan utama,” tulis AFF.

“Setelah memulai semua enam pertandingan Indonesia di turnamen ini, gelandang tengah itu telah menunjukkan kegigihan dalam menghentikan permainan lawan di mana ia mencatatkan tiga sapuan dan tiga intersepsi serta menjadi pemmain yang kreatif dalam membantu lini depan dengan satu assist dan lima umpan kunci.”

Pemilihan pemain debutan terbaik itu dilakukan di laman AFF Suzuki Cup. Setiap warganet bisa memberikan suaranya untuk mendukung pemain andalannya.

Hingga berita ini dibuat, pemain klub Persebaya Surabaya itu masih unggul dengan 192 suara, bersaing dengan gelandang Vietnam Nguyen Hoang Duc yang baru mengumpulkan 25 suara.

Ricky Kambuaya memang merupakan salah satu pemain yang tak tergantikan di skuad Timnas Indonesia saat ini. Pelatih Shin Tae-yong selalu memasang gelandang box-to-box itu sejak awal dan nyaris selalu bermain penuh.

Tae-yong baru menarik Ricky pada laga semifinal kedua Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura lalu. Saat itu dia digantikan oleh Egy Maulana Vikri.

Sepanjang karirnya, Ricky Kambuaya memang baru membela Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong. Debutnya bersama skuad Garuda terjadi pada laga play-off Kualifikasi Piala Asia kontra Taiwan pada Oktober lalu.

Ricky hanya membutuhkan dua pertandingan untuk menjadi idola baru pecinta sepak bola Indonesia. Dia cetak gol pertamanya bagi Timnas Indonesia pada laga kedua kontra Taiwan.

Permainan Ricky semakin matang setelah ikut dalam latihan Timnas Indonesia di Turki. Dia mencetak satu gol dan satu assist pada laga uji coba kontra Myanmar.

Pemain kelahiran Sorong, Papua itu juga langsung menggebrak di Piala AFF. Satu assist dia ciptakan pada laga pembuka pasukan Merah Putih kontra Kamboja.

Perannya juga sangat sentral pada saat Indonesia menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0 dan menang 4-1 pada laga kontra Malaysia.

Pada laga final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura Rabu besok, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan kembali mengandalkan Ricky Kambuaya di lini tengah timnya. Laga itu akan digelar di Stadion Nasional Singapura, pada pukul 19.30 WIB.

Profil dan Biodata Ricky Kambuaya

Nama Lengkap : Ricky Kambuaya

Tempat Lahir : Sorong, Papua Barat

Tanggal Lahir : 5 Mei 1996

Umur : 25 tahun

Zodiak : Taurus

Tinggi badan : 172 cm

Nomor Punggung : 15

Posisi : gelandang serang

Kebangsaan : Indonesia

Akun IG : @richardo_r17

Pasangan : belum diketahui

Agama : Kristen

Klub : Persebaya Surabaya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *