by

Raheem Sterling Winger Paling Sering Cetak Gol di Liga Inggris

Raheem Sterling baru saja membukukan gol ke-85 di Premier League. Dengan 85 gol ini, Sterling berhasil melampaui catatan Cristiano Ronaldo, eks Manchester United.

Rabu (22/7/2020), Sterlling membantu Manchester City menggilas Watford dengan skor telak 4-0. Dia mencetak gol pembuka di menit ke-31, lalu menggandakannya di menit ke-40.

Tambahan dua gol itu menambah koleksi Sterling jadi total 19 gol di Premier League 2019/20, catatan terbaik sepanjang kariernya. Dia menyamai catatan Mohamed Salah, dan hanya tertinggal satu gol dari Pierre-Emerick Aubameyang.

Berbeda dari para pesaingnya, Sterling bukanlah striker murni. Dia lebih sering bermain melebar, dan karena itulah gol-golnya terbilang spesial.

Dua gol nomor 84 dan 85 Sterling pada pertandingan ini mendorongnya melampaui torehan Cristiano Ronaldo (84), mantan penyerang MU yang, sama seperti Sterling, mencetak gol-golnya sebagai winger.

Karena itulah Sterling layak memasuki “geng” pemain-pemain spesial Premier League dengan torehan banyak gol meski tidak bermain sebagai penyerang murni.

Tercatat, dalam sejarah Premier League, hanya ada 5 pemain non-striker dengan jumlah gol lebih banyak daripada Sterling.

Sterling sekarang ada di peringkat ke-6 pada daftar spesial ini, bersama Eden Hazard yang juga mengoleksi 85 gol semasa membela Chelsea.

Sterling dan Hazard di peringkat ke-6, di atas mereka ada Matt Le Tissier, yang mencetak 100 gol di Premier League bersama Southampton.

Lalu, ada dua nama legenda MU di peringkat ke-4 dan ke-3. Yakni Paul Scholes dengan koleksi 107 gol, dan Ryan Giggs yang sedikit unggul dengan 109 gol.

Tak mengejutkan, daftar spesial ini dipuncaki oleh dua legenda Premier League era modern: Frank Lampard dan Steven Gerrard.

Gerrard jadi runner-up dengan 120 gol, lalu Lampard unggul jauh di peringkat pertama dengan total 177 gol.

19 gol Sterling di musim 2019/20 ini juga merupakan catatan terbaiknya dalam semusim Premier League, torehan individu baru.

Setelah sempat kesulitan sebagai pemain muda, sekarang Sterling membuktikan kualitasnya dengan minimal 17 gol dalam empat musim terakhir Premier League.

Sekarang 25 tahun, jika bisa mempertahankan torehan gol per musim ini, Sterling bisa jadi mengejar Gerrard dan Lampard, bahkan melampauinya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *