by

7 Aturan Baru Liga Inggris Musim 2022-2023

Liga Premier Inggris musim 2022/2023 memuat sejumlah aturan baru, mulai dari mengenai wasit hingga pergantian pemain. Apa sajakah aturan tersebut?

Berikut rinciannya yang dihimpun dari situs resmi Liga Premier Inggris, Jumat (5/8/2022).

1. Wasit/Ofisial Pertandingan

Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) menunjuk 4 wasit baru di Liga Premier Inggris musim 2022/2023. Mereka adalah Tom Bramall, Natalie Aspinall, Nick Greenhalgh dan Steve Meredith.

Wasit yang familiar di Liga Premier seperti Mike Dean, Kevin Friend, Jon Moss dan Martin Atkinson tidak akan menjadi wasit utama pertandingan lagi. Misalnya, Mike Dean yang beralih menjadi ofisial VAR.

2. Bola Pertandingan Produksi Nike

Flight Ball adalah bola produksi brand Nike yang akan digunakan sejak matchweek 1 Liga Premier Inggris musim 2022/2023.

Desain bola itu terinspirasi dari Liga Premier perdana 30 tahun silam dengan warna yang sama dan grafis yang mencolok.

Bola itu juga menggunakan teknologi ArowSculpt yang meningkatkan konsistensi dan memberikan efek penerbangan lebih nyata.

3. Pelanggaran Offside

Dewan FA Internasional telah ‘mengklarifikasi’ bahwa pemain offside tidak akan secara otomatis menjadi onside saat pemain bertahan menyentuh bola.

Pedoman tersebut menyatakan, “Permainan yang disengaja adalah ketika seorang pemain menguasai bola dengan kemungkinan mengoper bola kepada rekan setimnya, menguasai bola, atau membersihkan bola.

4. Sistem Multibola

Membuang-buang waktu karena bola keluar dari permainan adalah masalah paling umum dalam sepak bola. Maka dari itu, Liga Premier mencoba sistem baru yakni multibola.

Artinya, total 10 bola akan digunakan dalam setiap pertandingan, 1 di lapangan, 1 untuk ofisial keempat dan sisanya 8 bola lagi ditempatkan di sekitar  lapangan sehingga permainan mengalir dengan lancar tanpa jeda saat bola keluar dari lapangan.

5. Aturan Penalti

The IFAB Laws of the Game  mengubah aturan terkait posisi kiper untuk tendangan penalti.

Ini berarti bahwa sekarang, ketika bola ditendang, penjaga gawang harus memiliki setidaknya sebagian dari 1 kaki menyentuh, atau di garis, atau di belakang garis gawang.

Undang-undang masih mewajibkan seorang penjaga gawang untuk memiliki setidaknya satu bagian dari satu kaki pada atau di atas garis gawang sampai saat yang tepat pengambilan penalti. Artinya, seorang penjaga gawang tidak boleh berdiri di belakang atau di depan garis gawang.

6. Istirahat Pertengahan Musim

Ada jeda pertengahan musim di Liga Premier edisi 2022/2023 yakni selama 1 bulan dari 12/13 November dan akan dilanjutkan pada Boxing Day, 26 Desember. Istirahat tengah musim ini dibuat karena perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar.

7. Lima Pergantian Pemain

Tim dapat melakukan hingga 5 pergantian pemain dalam 1 pertandingan.

Kelima pergantian pemain dapat dilakukan selama 3 kesempatan dalam 1 pertandingan dengan peluang tambahan di babak pertama.

Pelatih kini juga dapat menyiapkan 9 pemain pengganti di bangku cadangan, bertambah dari sebelumnya 7 pemain di musim 2021/2022.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.