by

Pemain-Pemain Bola Indonesia dengan Gaji Tertinggi di 2021

Sepakbola adalah hal yang selalu sisi menarik tersendiri untuk dibahas, mulai dari skill individu pemain, rivalitas antar klub, loyalitas suporter, dan rutinitas harian para pemainya. Lalu bagaimana dengan gaji pemain sepak bola Indonesia?

Seiring dengan berkembangnya sepak bola yang dulunya hanya sekedar olahraga kini berubah menjadi sebuah industri, seiring berubahnya status sepakbola itu sendiri maka akan di era sekarang ini para atlet lebih dihargai. Bentuk penghargaan tersebut berupa pendapatan para atlet yang lambat laun semakin diperhatikan, termasuk gaji pemain sepak bola Indonesia.

Atlet sepakbola Indonesia sekarang sudah bisa mendapatkan hidup yang layak dari penghasilan yang ia dapat. Penghasilan yang diperoleh para Atlet sepakbola Indonesia bisa dari Klub di tempat ia bermain maupun dari Timnas ketika ia membela tanah air dalam ajang turnamen sepakbola Internasional.

Gaji pemain sepakbola sebenarnya bukanlah hal yang bisa ditebak secara pasti, hal ini dikarenakan pendapatan asli yang didapatkan oleh seorang pemain sepak bola (per tahunnya) hanya diketahui oleh dua belah pihak yaitu pihak pemain dan pihak klub.

Namun ada cara untuk mengetahui kisaran harga para pemain tersebut dengan cara mencari tahu nilai pasar atau market value. Berikut adalah gaji pemain sepakbola di Indonesia:

1. Stefano Lilipaly (Bali United FC)

Pemain naturalisasi ini menduduki peringkat pertama dengan predikat pemain termahal di Indonesia saat ini. Lilipaly tercatat memiliki nilai pasar sebesar 350 ribu euro atau setara dengan Rp 5,6 miliar.

Angka yang sangat fantastis untuk harga seorang atlet, tetapi asalkan jumlah yang dikeluarkan sesuai dengan ekspektasi klub tentunya bukan masalah, Lilipaly berhasil mengantarkan Bali United menjadi juara Liga 1 Indonesia tahun 2019 ditambah dengan ia adalah salah satu kunci penting di kubu timnas senior Indonesia.

2. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

Pemain berusia 25 tahun ini memiliki nilai pasar seharga 325 ribu euro atau setara dengan Rp 5,2 miliar, dengan usia yang tergolong muda Febry sudah bisa memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Bukan menjadi hal tabu bila membahas nilai jual Febry, pasalnya ia adalah kunci utama di klub Persib sekaligus andalan dalam timnas Indonesia.

3. Evan Dimas (Persija Jakarta)

Pemain muda berbakat Indonesia satu ini memiliki harga jual sebesar 300 ribu euro atau sekitar 4,8 miliar. Pemain berusia 25 tahun ini juga memiliki peranan penting di dua tempat ia bermain, yaitu Persija sebagai klub evan saat ini dan Timnas Indonesia. Evan adalah gelandang terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

4. Riko Simanjuntak (Persija)

Rico masuk dalam urutan 4 dengan nilai jual sebesar 300 ribu euro atau setara dengan Rp 4,8 miliar, dengan harganya yang begitu fantastis Rico memberikan hal yang setimpal dengan memberikan 2 gelar juara yaitu Piala Presiden 2017 dan Liga Indonesia 2018.

5. Ilija Spasojevic (Bali United)

Kali ini datang dari pemain naturalisasi lagi, Spasso adalah salah satu pemain naturalisasi yang sukses berkarir di Indonesia. Spasso memiliki harga sebesar 300 ribu euro atau Rp 4,8 miliar, karir Spassio dengan Persib Bandung (2015) berhasil menjuarai Piala Presiden dan bersama Bali United berhasil menjuarai Liga 1 Indonesia (2019).

6. Osvaldo Haay (Persija)

Pemain kelahiran Jayapura ini memiliki harga jual sebesar 300 ribu euro, setara dengan RIko Simanjuntak dan Spasojevic, pemain muda ini menunjukkan talentanya dengan bermain bersama beberapa klub besar Indonesia seperti Persipura Jayapura (2017), Persebaya (2019) dan sekarang di Persija Jakarta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *