by

Manchester United Turun Kasta ke Liga Europa

Berdasarkan klasemen Liga Champions, terdapat dua belas klub yang mengunci tempat di babak 16 besar Liga Champions, Rabu (9/12/2020).

Mereka antara lain adalah, Bayern Munchen, Manchester City, Porto, Liverpool, Chelsea, Sevilla, Borussia Dortmund, Barcelona, Juventus, Lazio, Leipzig, dan PSG.

Empat tiket tersisa akan diperebutkan dini hari nanti, termasuk diperebutkan Real Madrid dan Inter Milan, Kamis (10/12/2020).

Dari daftar klub di atas, semua klub dari Liga Inggris dinyatakan lolos ke babak selanjutnya, kecuali Manchester United.

Manchester United menjadi satu-satunya tim asal Inggris yang gagal lolos ke fase gugur atau babak 16 besar.

Man United tersingkir seusai kalah tipis 2-3 saat menghadapi RB Leipzig pada laga keenam Grup H Liga Champions, Selasa (8/12/2020) atau Rabu dini hari WIB.

Kekalahan itu membuat Man United dipastikan tersingkir meskipun laga Grup H lainnya, Paris Saint-Germain (PSG) vs Istanbul Basaksehir, masih ditangguhkan karena kasus rasial.

Man United nantinya akan turun kasta ke Liga Europa setelah hanya bisa menempati peringkat tiga klasemen Grup H Liga Champions dengan koleksi sembilan poin.

Di sisi lain, Leipzig dipastikan lolos ke fase gugur seusai mengalahkan Man United.

Meski demikian, Leipzig harus menunggu hasil laga tunda PSG vs Istanbul Basaksehir untuk menentukan statusnya apakah lolos ke 16 besar sebagai juara grup atau runner-up.

Leipzig untuk sementara memimpin klasemen Grup H dengan koleksi sembilan poin, unggul tiga angka dari PSG yang belum memainkan laga keenam di urutan dua.

Dengan kondisi ini, PSG bisa mengudeta Leipzig dan lolos ke fase gugur dengan status juara Grup H jika berhasil mengalahkan Istanbul Basaksehir pada laga tunda nanti.

Sebab, PSG unggul head-to-head maupun selisih gol atas Leipzig jika perolehan poin kedua tim identik.

Namun, jika gagal mengalahkan Istanbul Basaksehir, PSG harus rela lolos sebagai runner-up dan melihat Leipzig menyandang status juara Grup H.

Selain Leipzig dan PSG, terdapat dua tim lain yang juga baru memastikan tiket tampil ke 16 besar Liga Champions dini hari ini.

Dua tim itu adalah Borussia Dortmund dan Lazio yang merupakan wakil dari Grup F.

Dengan demikian, sampai saat ini sudah ada 12 tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Empat slot tersisa nantinya akan diperebutkan oleh delapan tim pada Rabu (9/12/2020) atau Kamis dini hari WIB.

Delapan tim itu tersebar di tiga grup, yakni A, B, dan D.

Grup B menjadi yang paling sengit karena seluruh penghuninya, yakni Inter Milan, Real Madrid, Shakhtar Donetsk, dan Borussia Monchengladbach masih berpeluang lolos.

Adapun Atletico Madrid dan RB Salzburg akan saling bunuh pada laga terakhir Grup A untuk menentukan tim yang akan menemani Bayern Munchen lolos ke fase gugur.

Kondisi serupa juga terjadi di Grup D karena Ajax Amsterdam dan Atalanta yang masih berpeluang lolos juga akan bertemu pada laga terakhir.

Berikut adalah daftar 12 tim yang sudah dipastikan lolos ke fase gugur Liga Champions:

Grup A: Bayern Muenchen

Grup C: Manchester City, FC Porto

Grup D: Liverpool

Grup E: Chelsea, Sevilla

Grup F: Borussia Dortmund, Lazio

Grup G: Juventus, Barcelona

Grup H: Leipzig, PSG

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *