by

Liga Inggris: Liverpool vs Chelsea Berebut Zona Liga Champions

Laga Liga Inggris antara Liverpool vs Chelsea akan berlangsung pada Jumat dinihari nanti. Kedua tim sama-sama tengah berjuang untuk kembali masuk ke empat besar klasemen.

Liverpool yang sempat memuncaki klasemen pada Desember lalu tergelincir ke posisi keenam setelah mendapatkan rentetan hasil buruk. Skuad asuhan Jurgen Klopp hanya mengantongi 12 angka dari 12 laga terakhir. Mereka bahkan sempat mengalami empat kekalahan beruntun sebelum akhirnya meraih kemenangan 2-0 atas Sheffield United pada akhir pekan kemarin.

Chelsea yang kini menempati posisi kelima, unggul satu angka dari Liverpool, justru tengah menanjak performanya. Sejak kehadiran Thomas Tuchel menggantikan Frank Lampard, The Blues belum pernah menelan kekalahan. Dalam tujuh laga terakhir di Liga Inggris, mereka sukses meraih empat kemenangan dan tiga kali imbang.

Rekor pertemuan kedua tim menunjukkan mereka sebenarnya cukup imbang. Dari 57 kali bertanding di Liga Inggris, Liverpool mengantongi 23 kemenangan sementara Chelsea 20 kemenangan, 14 laga lainnya berakhir imbang.

Dalam 10 laga terakhir, Liverpool pun unggul. Mereka mengantongi lima kemenangan sementara Chelsea hanya satu kemenangan, empat laga lainnya berakhir imbang.

Menjelang laga ini, sejumlah kabar baik didapatkan Klopp. Penjaga gawang Alisson dan gelandang Fabinho dipastikan bisa kembali bermain. Alisson sempat absen karena berkabung setelah ayahnya meninggal dunia di Brasil sementara Fabinho absen sejak Januari lalu karena cedera.

Pemain sayap Diogo Jota juga dipastikan telah pulih dari cedera. Akan tetapi Jota belum dapat dipastikan bermain karena sempat mengalami sakit pada akhir pekan kemarin.

Liverpool dipastikan masih tak bisa memainkan Jordan Henderson, Joe Gomez, Virgil van Dijk dan Joel Matip.

Tuchel di sisi lain tak memiliki masalah cedera untuk menghadapi laga ini. bek Thiago Silva dan penyerang Tammy Abraham telah kembali berlatih sejak awal pekan ini dan diprediksi akan kembali bermain.

Berikut prediksi susunan pemain laga Liverpool vs Chelsea:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Phillips, Fabinho, Robertson; Thiago, Wijnaldum, Jones; Salah, Firmino, Mane

Chelsea (3-5-2): Mendy; Azpilicueta, Christensen, Rudiger; James, Kante, Kovacic, Alonso; Mount, Giroud, Werner

Kehadiran Thomas Tuchel tampak benar-benar mengubah performa Chelsea. Pola tiga bek tengah yang dia terapkan membuat lini pertahanan Chelsea saat ini sangat kuat.

Dari tujuh laga, gawang Chelsea hanya kebobolan tiga gol. Padahal pada 19 laga sebelumnya di Era Lampard, mereka telah kebobolan 22 gol.

Satu hal yang kurang dari Chelsea adalah karena mereka tak memiliki lini serang yang benar-benar tajam. Tammy Abraham yang menjadi penyerang tersubur pasukan Singa London hingga saat ini baru mengoleksi enam gol sementara Timo Werner yang diharapkan menjadi lumbung gol setelah dibeli dari RB Leipzig bagi menyumbangkan lima gol.

Kekuatan lini belakang Chelsea akan menhadapi ujian dari trio Firmansah (Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah) milik Liverpool. Ketiganya tercatat telah mencetak total 30 gol musim ini.

Salah menjadi ancaman utama karena telah mencetak 17 gol sementara Sadio Mane juga bisa memberikan kejutan seperti pada pertemuan pertama musim ini dengan memborong dua gol.

Chelsea bisa sedikit lega karena trio Firmansah gagal menunjukkan ketajamannya dalam lima laga terakhir. Dalam laga kontra Sheffield United akhir pekan kemarin, Liverpool bahkan harus mengandalkan gol Curtis Jones dan gol bunuh diri Kean Bryan untuk meraih kemenangan 2-0.

The Blues juga diuntungkan dengan performa buruk lini belakang Liverpool. Dari lima laga terakhir, gawang Liverpool tercatat telah kebobolan 10 gol.

Kembalinya Fabinho mungkin bisa sedikit mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi tandem Fabinho di lini belakang masih akan menjadi masalah bagi Klopp setelah Ozan Kabak dan Ben Davies, dua bek yang baru diboyong Liverpool pada bursa transfer Januari, tampil kurang meyakinkan.

Dalam lawatan terakhirnya ke Stadion Anfield, Chelsea dipermalukan 5-3. Kemenangan itu juga membuat Liverpool mengangkat trofi Liga Inggris musim lalu.

Pertemuan dinihari nanti diprediksi akan berbeda. Tembok tangguh Anfield terbukti telah runtuh karena Liverpool telah menderita empat kekalahan dari lima laga kandang terakhirnya.

Akan tetapi pertaruhan memperebutkan tiket Liga Champions musim depan diprediksi membuat kedua tim akan tampil lebih hati-hati. Jika menderita kekalahan, mereka sangat berpeluang disalip oleh Everton yang berada di bawahnya.

Laga Liga Inggris antara Liverpool vs Chelsea akan berlangsung pada Jumat dinihari pukul 03.15 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MolaTV.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *