by

Jorginho Jadi Kapten Timnas Azzuri Non-Pribumi Pertama

Gelandang andalan Chelsea, Jorginho, mengukir sejarah istimewa bersama timnas Italia usai menjadi kapten di laga kontra Lithuania.

Jorginho diketahui mengemban jabatan sebagai kapten Italia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup C zona Eropa, Kamis (09/09/21).

Bermain sebagai kapten, Jorginho menorehkan catatan istimewa dengan menjadi kapten keturunan Italia pertama yang tak lahir di negeri Pizza sejak tahun 1960.

Ini adalah kali pertama Jorginho mengemban ban kapten sejak menjalani debut untuk Italia pada Maret 2016 silam.

Menjadi yang pertama sejak tahun 1960, Jorginho menjadi pemain keturunan Italia kedua yang dipercaya menjadi kapten meskipun ia tak lahir di negeri Pizza itu setelah Miguel Angel Montuori.

Mountouri yang lahir di Argentina dan menghabiskan sebagain besar karirnya bersama Fiorentina (1955-1961) ini diketahui menjadi kapten Italia sebanyak dua kali yakni pada 1959 dan 1960.

Ia menjadi pemain keturunan yang tak lahir di Italia pertama yang dipercaya mengemban jabatan sebagai kapten Azzurri.

Montuori yang lahir di Rosario ini diketahui mendapatkan darah Italia dari sang ayah yang berasal dari Naples.

Sementara Jorginho lahir di Brasil sebelum hijrah ke Italia pada usia 15 tahun. Ia mendapatkan darah Italia dari kakek buyutnya yang berasal dari Lusiana, Veneto.

Italia sendiri diketahui berhasil meraih kemenangan telak 5-0 atas tamunya, Lithuania. Kemenangan ini memperbesar kans Azzurri untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang.

Berhasil mengamankan 3 poin, Italia saat ini kokoh bertengger di puncak klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan 14 poin, terpaut 6 poin dari Swiss yang menjadi rival terdekatnya di posisi ke-2.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *