by

Atletico Madrid Tak Berdaya Dihadapan Chelsea

Chelsea sukses menyingkirkan Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 dengan agregat 3-0. Kesuksesan itu menghasilkan beberapa data fakta menarik. Berikut catatan yang tersisa dari duel Chelsea vs Atletico Madrid.

Mengantongi keunggulan 1-0 berkat kemenangan di leg pertama, Chelsea tampil percaya diri di leg kedua yang digelar di Stamford Bridge, Kamis (18/3/2021) dini hari WIB. Meskipun sempat kesulitan di awal laga, namun tim asuhan Thomas Tuchel mampu menang dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan The Blues itu dicetak lewat aksi Hakim Ziyech lewat serangan balik di babak pertama. Dan gol penutup dicetak Emerson di masa injury time dengan skema yang mirip, serangan balik.

Kemenangan Chelsea dan kelolosan mereka ke perempat final Liga Champions menghadirkan fakta baru. Begitu juga dengan tersingkirnya Atletico Madrid di babak knock out Liga Champions juga memperpanjang catatan buruk tim asuhan Diego Simeone itu.

Data fakta Chelsea vs Atletico Madrid 

Setelah empat kali beruntun tersingkir ketika tampil di 16 besar Liga Champions, Chelsea mampu menembus perempat final untuk pertama kalinya sejak musim 2013-2014 saat masih dilatih Jose Mourinho.

Atletico Madrid kalah tiga kali beruntun di fase knock out Liga Champions/Turnamen Eropa untuk pertama kalinya, dan juga selalu kalah di dua leg yang sama untuk pertama kalinya.

Chelsea belum terkalahkan dalam 13 laga di bawah Thomas Tuchel di semua kompetisi (menang 9, seri 4). Catatan ini melewati torehan Luiz Felipe Scolari (12 laga) pada 2008 sebagai pelatih dengan catatan tak terkalahkan di laga awal terpanjang dalam sejarah klub.

Chelsea belum kebobolan satu gol pun di enam laga kandang bersama Tuchel di semua kompetisi. Sejak dilatih Tuchel, The Blues membuat 11 clean sheets dalam 13 laga, paling banyak dibandingkan pelatih lain di Premier League sejak Tuchel datang pada Januari lalu.

Chelsea menjadi klub Inggris pertama yang mampu menyingkirkan Atletico Madrid dari babak knock out di turnamen utama Eropa sejak Gary Megson bersama Bolton Wanderers pada 2007-2008 di babak 32 besar Piala UEFA.

Atletico Madrid sekarang tercatat sudah empat kali kalah melawan Chelsea di Liga Champions. Terbanyak dibandingkan lawan mana pun.

Hakim Ziyech mencetak gol kandang pertamanya dalam 12 penampilannya di Stamford Bridge bersama Chelsea. Empat dari tujuh golnya di Liga Champions adalah ketika melawan tim asal Spanyol (2 gol vs Real Madrid, 1 gol vs Valencia, 1 gol vs Atletico Madrid).

Di semua kompetisi, Timo Werner (10 gol, 7 assist) telah terlibat langsung dalam gol lebih banyak dibandingkan pemain Chelsea lain musim ini.

Bek Atletico Madrid, Stefan Savic menerima kartu merah ketiganya di Liga Champions. Hanya Zlatan Ibrahimovic, Edgar Davids, dan Sergio Ramos (4) yang memiliki catatan lebih banyak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *