by

Andriy Shevchenko Terkuat Jadi Pelatih Baru The Blues Chelsea

Nama Andriy Shevchenko kencang diberitakan akan menjadi pelatih Chelsea selanjutnya. Media-media Inggris seperti Daily Star hingga Metro menempatkan Andriy Shevchenko di posisi teratas sebagai calon pengganti Frank Lampard yang masa depannya berada di ujung tanduk.

Jika benar Andriy Shevchenko yang ditunjuk, apa alasan manajemen memilih Andriy Shevchenko? Secara pengalaman melatih, tak ada yang istimewa dari Andriy Shevchenko.

Turun sebagai pelatih profesional pada 2016, Andriy Shevchenko baru sebatas menangani Tim Nasional Ukraina. Prestasi terbaiknya adalah membawa Ukraina lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Selain Timnas Ukraina, tak ada tim lain yang ditangani Andriy Shevchenko. Hal itu berarti, Andriy Shevchenko tidak memiliki pengalaman melatih di level klub.

Lantas, kenapa nama Andriy Shevchenko didengungkan? Efek kedekatan secara personal antara Andriy Shevchenko dengan pemilik Chelsea, Roman Abramovich, disinyalir menjadi alasannya.

Alasan yang sama juga membuat Chelsea mendatangkan Andriy Shevchenko dalam kapasitas sebagai pemain pada musim panas 2006. Padahal, pelatih Chelsea kala itu Jose Mourinho tidak membutuhkan sosok Andriy Shevchenko.

Mourinho tidak membutuhkan Shevchenko karena telah memiliki penyerang sekelas Didier Drogba. Jika Andriy Shevchenko ditunjuk sebagai pelatih Chelsea karena alasan di atas, pria asal Ukraina itu menjadi orang kedua yang merasakannya.

Sebelumnya pada musim 2007-2008, Roman Abramovich juga menunjuk pelatih karena faktor kedekatan personal. Sosok yang dimaksud adalah pelatih asal Israel, Avram Grant.

Didatangkan dari Portsmouth pada musim panas 2007, Avram Grant awalnya diplot sebagai direktur olahraga plus penasihat Roman Abramovich. Namun, karena Jose Mourinho gagal mendongkrak performa Chelsea di awal musim 2007-2008, pelatih asal Portugal itu dipecat.

Kemudian Avram Grant ditunjuk sebagai pelatih melanjutkan kerja Mourinho. Meski gagal memberikan trofi, Avram Grant menjadi pelatih pertama yang membawa Chelsea lolos ke final Liga Champions meski akhirnya kalah dari Manchester United. Karena itu, menarik menanti siapa yang akan menukangi Chelsea hingga akhir musim 2020-2021.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *